8 Pemain Klub Luar Negeri yang Tidak Dipanggil Timnas U-23 Indonesia

13 Oktober 2021, 15:45 WIB
Penulis: Hanputro Widyono
Editor: Taufan Bara Mukti
Elkan Baggott saat bermain bersama timnas U-19 Indonesia menghadapi Makedonia Utara U-19 di NK Uskok Kils, Split, Kroasia, Rabu (14/10/2020).
Elkan Baggott saat bermain bersama timnas U-19 Indonesia menghadapi Makedonia Utara U-19 di NK Uskok Kils, Split, Kroasia, Rabu (14/10/2020). /Dok PSSI

  • Delapan pemain Indonesia yang merumput di luar negeri tidak mendapatkan panggilan untuk membela timnas U-23 Indonesia.
  • Enam pemain di antaranya merupakan pemain timnas U-19 Indonesia yang mengikuti pemusatan latihan di Kroasia pada 2020.
  • Sebagian besar dari para pemain itu memang masih berjuang untuk mendapatkan menit bermain di klubnya masing-masing.

SKOR.id - Timnas U-23 Indonesia menggelar pemusatan latihan di Tajikistan untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Shin Tae-yong melalui PSSI telah memanggil 33 pemain untuk bergabung dalam pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia tersebut.

Sejumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri pun tak ketinggalan untuk dipanggil bergabung bersama skuad Garuda Muda.

Nama-nama pemain langganan timnas Indonesia seperti Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Bagus Kahfi ada dalam daftar pemain yang dipanggil.

Natanael Siringoringo dan Saddil Ramdani yang merumput di Liga Malaysia juga mendapat kesempatan untuk bergabung. Namun Saddil Ramdani tak dapat bergabung karena masih belum pulih dari cedera.

Dari 33 nama pemain yang dipanggil untuk membela timnas U-23 Indonesia, terdapat beberapa pemain yang merumput di luar negeri tidak masuk ke dalam daftar.

Berikut deretan pemain klub luar negeri yang belum mendapat kesempatan unttuk membela timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

1. David Maulana

Mantan kapten timnas U-19 Indonesia ini belum dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari skuad Garuda Muda.

David Maulana yang kini bermain di Kroasia juga masih terus berjuang untuk mendapatkan menit bermain reguler bersama tim utama NK Pomorac 1921.

Hingga saat ini, David Maulana masih lebih sering bermain untuk tim junior. Ia baru merasakan sekali tampil bersama tim utama NK Pomorac 1921.

David terakhir kali bermain untuk timnas U-19 Indonesia pada Oktober 2020. Di bawah kepemimpinan pelatih Shin Tae-yong, David Maulana ditunjuk sebagai kapten dalam laga melawan timnas U-19 Makedonia Utara.

2. Brylian Aldama

Nasib serupa juga dialami Brylian Aldama. Rekan setim David Maulana ini juga lebih sering bermain untuk tim muda NK Pomorac 1921.

Ia sempat masuk dalam daftar susunan pemain yang akan diturunkan NK Pomorac 1921 dalam pertandingan melawan NK Crikvenica. Namun, hari itu Brylian Aldama hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Hingga saat ini, Brylian Aldama masih menantikan debut resminya bersama NK Pomorac 1921, mungkin juga menanti panggilan dari timnas Indonesia.

Brylian Aldama terakhir kali membela timnas U-19 Indonesia pada Oktober 2020. Ia sempat mencetak satu gol untuk timnas U-19 Indonesia yang beruji coba melawan timnas U-19 Qatar.

Amiruddin Bagus Kahfi dan Brylian Aldama dapat kesempatan berharga ikuti latihan bersama klub Serie C Italia, Como FC.
Amiruddin Bagus Kahfi dan Brylian Aldama dapat kesempatan berharga ikuti latihan bersama klub Serie C Italia, Como FC. Dok. Garuda Select

3. Kelana Mahesa

Gelandang bertahan milik tim Frechen 20 (Jerman) ini belum mendapat kesempatan lagi untuk menjadi bagian dari skuad Garuda Muda.

Pada Oktober 2020 lalu, ia sempat bergabung dalam pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Kroasia. Ia juga sempat tampil untuk timnas U-19 Indonesia dalam laga uji coba melawan Hajduk Split U-19.

4. Elkan Baggott

Pemain klub Ipswich Town (Inggris) ini kembali tak dipanggil untuk bergabung dengan timnas U-23 Indonesia. Padahal, namanya sempat masuk dalam skuad timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, waktu itu Elkan Baggott tak memenuhi panggilan timnas Indonesia. Sejak itulah, namanya tak masuk dalam daftar pemain Indonesia, termasuk dalam playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pemain berusia 18 tahun itu terakhir kali membela timnas U-19 Indonesia pada Oktober 2020. Debutnya bersama timnas U-19 Indonesia langsung di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

5. Khairul Imam Zakiri

Khairul Imam Zakiri (tengah), pemain timnas U-19 Indonesia, berhasil melewati adangan pemain Dinamo Zagreb U-19, dalam laga uji coba pada 28 September 2020.
Khairul Imam Zakiri (tengah), pemain timnas U-19 Indonesia, berhasil melewati adangan pemain Dinamo Zagreb U-19, dalam laga uji coba pada 28 September 2020. (Media PSSI)

Nama Khairul Imam Zakiri sempat mendapat sorotan dari media setelah ia resmi diperkenalkan sebagai pemain klub kasta kelima Liga Spanyol, CP Villarrobledo pada 23 Juli lalu.

Eks pemain timnas U-19 Indonesia itu sudah cukup lama berkarier di Negeri Matador. Bahkan, ia disebut oleh CP Villarrobledo sebagai pemain yang sudah dikenal oleh para suporter.

Namun, pemain kelahiran 19 Desember 2001 yang biasa bermain sebagai gelandang serang itu tidak mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Imam Zakiri terakhir kali bermain untuk timnas U-19 Indonesia pada Oktober 2020, ketika skuad asuhan Shin Tae-yong beruji coba dengan timnas U-19 Makedonia Utara.

6. Jack Brown

Pemain berdarah Indonesia-Inggris ini tak mendapat panggilan dari timnas U-23 Indonesia. Jack Brown diketahui tengah mengalami cedera ligamen lutut.

Pemain Lincoln City tersebut memang belum lagi mendapat panggilan untuk membela skuad Garuda Muda setelah debutnya bersama timnas U-19 Indonesia pada September 2020 lalu.

Hingga kini, Jack Brown baru mencatatkan tiga penampilan untuk timnas U-19 Indonesia. Pemain berusia 19 tahun itu sudah mencetak dua gol untuk timnas U-19 Indonesia.

7. Muhammad Iqbal

Pemain asal Indonesia, Muhammad Iqbal menjalani debutnya bersama Cheongju FC di K League 3 2021, Rabu (15/9/2021).
Pemain asal Indonesia, Muhammad Iqbal menjalani debutnya bersama Cheongju FC di K League 3 2021, Rabu (15/9/2021). Facebok/ Cheongju FC

Pemain yang merumput kompetisi kasta ketiga Liga Korea Selatan bersama Cheongju FC ini juga belum kembali mendapat kesempatan untuk kembali membela timnas.

Setelah beberapa bulan menetap di Korea Selatan, Eks pemain timnas U-19 Indonesia ini mulai mendapatkan kepercayaan pelatih Cheongju FC.

Pemain bernomor punggung 32 itu sudah beberapa kali dimainkan Cheongju FC untuk merasakan atmosfer K League 3.

8. Khuwailit Mustafa

Nama terakhir yang sempat ramai mendapat sorotan dari media, yakni Khuwailit Mustafa. Pemain asal Aceh yang merumput di kompetisi kasta tertinggi Liga Qatar itu sempat dikabarkan menolak panggilan timnas U-23 Indonesia.

Namun ternyata pelatih Shin Tae-yong dan PSSI memang belum memberikan panggilan resmi kepada sang pemain. Gelandang berusia 21 tahun itu kini bermain untuk tim Qatar SC.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor.id (@skorindonesia)

Berita Timnas U-23 Indonesia lainnya:

Daftar 33 Pemain Timnas U-23 Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Alfeandra Dewangga dan Eka Febri Tambah Wakil PSIS di TC Timnas U-23 Indonesia

PSSI Pasang Target Tinggi untuk Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

  • Sumber: Transfermarkt
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga 1

    Minggu, 21 Maret 2021

    Kushedya Hari Yudo Sudah Tahu Kelemahan Tira Persikabo dari Timnas U-23 Indonesia

    Penyerang Arema FC, Kushedya Hari Yudo, memetakan kekuatan lawannya di Piala Menpora 2021, Tira Persikabo.

    Timnas Indonesia

    Jumat, 7 Mei 2021

    Uden Kusuma Ungkap Beban Jadi Manajer Timnas U-23 Indonesia

    PSSI menunjuk Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya menjadi manajer timnas U-23 Indonesia.

    Liga 1

    Rabu, 19 Mei 2021

    PSIS Semarang Akhiri Kontrak Pemain Jebolan Klub Spanyol dan Timnas U-23 Indonesia

    PSIS Semarang resmi melepas satu lagi pemainnya yakni Mahir Radja yang kontraknya tak diperpanjang.

    Timnas Indonesia

    Jumat, 9 Juli 2021

    PSSI Pasang Target Tinggi untuk Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

    Segrup dengan Australia, Cina, dan Brunei Darussalam, PSSI memasang target tinggi bagi timnas U-23 Indonesia.

    Terbaru

    Timnas Indonesia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Shin Tae-yong Menegaskan Timnas U-23 Indonesia Wajib Kalahkan Australia

    Shin Tae-yong mengincar kemenangan atas timnas U-23 Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

    Timnas Indonesia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Timnas U-23 Indonesia vs Australia U-23: Prediksi dan Link Live Streaming

    Berikut Skor.id menyajikan prediksi dan link live streaming timnas U-23 Indonesia vs Australia U-23 pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

    Timnas Indonesia

    Senin, 25 Oktober 2021

    Minta Maaf ke PSSI, Elkan Baggott Tegaskan Siap Bela Timnas Indonesia

    Elkan Baggott resmi mengirimkan surat permintaan maaf ke PSSI setelah sempat tak memenuhi panggilan timnas Indonesia.

    Timnas Indonesia

    Sabtu, 23 Oktober 2021

    Shin Tae-yong: Pemain Timnas U-23 Indonesia Masih Suka Grogi

    Timnas U-23 Indonesia sudah mengantongi sejumlah modal berharga untuk menghadapi Australia pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

    Timnas Indonesia

    Jumat, 22 Oktober 2021

    Hasil Timnas U-23 Indonesia vs Nepal: Garuda Muda Raih Kemenangan Kedua

    Timnas U-23 Indonesia sukses mengamankan kemenangan kedua pada laga uji coba di Tajikistan menjelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

    Timnas Indonesia

    Jumat, 22 Oktober 2021

    Yusuf Ekodono Mengenang Tendangan ala Panenka di Final SEA Games 1991

    Hingga saat ini, Yusuf Ekodono masih mengenang laga final SEA Games 1991 yang kala itu digelar di Ibu Kota Filipina, Manila

    Timnas Indonesia

    Kamis, 21 Oktober 2021

    Dapat Tambahan Poin Terbesar, Ini Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA Terbaru

    Federasi sepak bola dunia alias FIFA merilis ranking kesebelasan tim nasional terbaru per Oktober 2021, ini posisi timnas Indonesia.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 21 Oktober 2021

    Prediksi Timnas U-23 Indonesia vs Nepal U-23: Uji Coba Terakhir Sebelum Kualifikasi Piala Asia U-23

    Timnas U-23 Indonesia bakal melakoni laga uji coba kontra Nepal U-23, berikut prediksi Skor.id.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 21 Oktober 2021

    Ernando Ari: Timnas U-23 Indonesia Masih Kurang Kompak

    Salah satu pemain timnas U-23 Indoneisa, Ernando Ari, menyampaikan sedikit kendala yang saat ini tengah dialami.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 21 Oktober 2021

    Jadwal Timnas U-23 Indonesia vs Australia U-23 Berubah, Maju Satu Hari dari Rencana Awal

    Jadwal pertandingan timnas U-23 Indonesia vs Australia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 mengalami perubahan.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X