Skor 5: Pemain Timnas Indonesia yang Paling Diandalkan Shin Tae-yong Lawan Curacao

28 September 2022, 15:40 WIB
Penulis: Adif Setiyoko
Editor: Rais Adnan
Selebrasi gol Dimas Drajad (dua dari kanan) bersama Marc Klok (kiri), Pratama Arhan, dan Marselino Ferdinan (kanan) dalam laga timnas Indonesia vs Curacao untuk agenda FIFA Matchday, 24 September 2022.
Selebrasi gol Dimas Drajad (dua dari kanan) bersama Marc Klok (kiri), Pratama Arhan, dan Marselino Ferdinan (kanan) dalam laga timnas Indonesia vs Curacao untuk agenda FIFA Matchday, 24 September 2022. /Media PSSI

  • Shin Tae-yong memiliki sederet nama pemain yang bisa diandalkan saat menghadapi Curacao pada dua laga FIFA Matchday.
  • Lima nama pemain timnas Indonesia ini dapat kepercayaan paling banyak dari Shin Tae-yong jika ukurannya menit bermain.
  • Berikut Skor.id menyajikan lima nama pemain timnas Indonesia yang paling diandalkan Shin Tae-yong melawan Curacao.

SKOR.id – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sejumlah nama pemain kepercayaan yang diandalkan untuk menghadapi dua laga melawan Curacao.

Untuk pertandingan pertama, timnas Indonesia sukses menang 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/9/2022).

Adapun laga kedua yang diselenggarakan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022), juga sukses dimenangkan skuad Merah Putih dengan skor 2-1.

Dari dua pertandingan yang sukses disapu bersih dengan kemenangan itu, setidaknya terdapat lima nama pemain yang menjadi andalan Shin Tae-yong di atas lapangan.

Indikator yang menjadi dasarnya ialah pemain-pemain ini mendapatkan menit bermain yang lebih banyak ketika diturunkan pada dua pertandingan tersebut.

Sebab, dari 23 nama pemain yang dibawa, lima pemain ini dapat kesempatan terbanyak. Bahkan, tiga nama di antaranya sama sekali tak tergantikan pada dua pertandingan tersebut.

Berikut Skor.id menyajikan lima nama pemain timnas Indonesia yang paling diandalkan Shin Tae-yong saat menghadapi Curacao berdasarkan menit bermainnya.

Pratama Arhan (163 menit)

Pratama Arhan menjadi pemain yang paling mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong pada dua pertandingan melawan Curacao, terutama untuk mengisi sektor pertahanan kiri.

Pada pertandingan pertama, Arhan sukses tampil penuh di atas lapangan dengan catatan 90 menit. Dari aksinya di sektor wingback kiri itu, pemain Tokyo Verdy ini sukses menyumbangkan dua assist.

Aksi Pratama Arhan saat laga timnas Indonesia vs Curacao untuk agenda FIFA Matchday, 24 September 2022.
Aksi Pratama Arhan saat laga timnas Indonesia vs Curacao untuk agenda FIFA Matchday, 24 September 2022. Media PSSI

Assist pertama tercipta dari lemparan jauh Arhan yang ditanduk Fachruddin Aryanto, sedangkan assist kedua lahir ketika umpan silangnya sukses diteruskan menjadi gol oleh Dimas Drajad.

Lalu, pada pertandingan kedua, Arhan diplot sebagai bek kiri oleh Shin Tae-yong. Di posisi ini, eks-pemain PSIS Semarang itu sukses membukukan 73 menit bermain.

Sehingga, secara keseluruhan, pemain asal Blora, Jawa Tengah, ini sudah membukukan 163 menit bermain bersama skuad Garuda saat menghadapi Curacao.

Witan Sulaeman (165 menit)

Selanjutnya, ada Witan Sulaeman yang juga mendapatkan status sebagai pemain yang paling dipercaya Shin Tae-yong pada dua laga melawan Curacao di ajang FIFA Matchday.

Pada aksi pertamanya, Witan yang tampil sebagai sayap kiri sukses membukukan total 75 menit bermain. Setelah itu, dia ditarik keluar ketika Shin Tae-yong memainkan Dendy Sulistyawan.

Duo Witan Sulaeman (kiri) dan Pratama Arhan merayakan gol untuk skuad Garuda saat timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal pada laga pamungkas Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, 15 Juni 2022 dini hari WIB.
Duo Witan Sulaeman (kiri) dan Pratama Arhan merayakan gol untuk skuad Garuda saat timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal pada laga pamungkas Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, 15 Juni 2022 dini hari WIB. Media PSSI

Kemudian, pemain yang kini berkarier di Liga Slovakia bersama AS Trencin itu mencatatkan penampilan penuh pada laga kedua melawan Curacao, alias 90 menit.

Dengan demikian, pemain asal Palu berusia 20 tahun ini sudah membukukan total 165 menit bermain pada dua laga melawan Curacao.

Dari seluruh menit bermain itu pula, Witan juga menciptakan satu assist, yakni ketika aksi individunya dilanjutkan dengan umpan silang yang sukses diteruskan menjadi gol oleh Dendy Sulistyawan.

Elkan Baggott (180 menit)

Di sektor jantung pertahanan, satu-satunya pemain yang mendapatkan kepercayaan penuh dari Shin Tae-yong karena selalu dimainkan pada dua laga melawan Curacao ialah Elkan Baggott.

Pada dua pertandingan itu, bek berusia 19 tahun ini selalu mencatatkan penampilan penuh alias 90 menit. Pada laga pertama, dia bermain di sisi kiri dalam skema tiga bek bersama Rachmat Irianto dan Fachruddin Aryanto.

Aksi Elkan Baggott (belakang, kanan) saat membela timnas Indonesia kala menjamu Curacao dalam FIFA Matchday, 24 September 2022.
Aksi Elkan Baggott (belakang, kanan) saat membela timnas Indonesia kala menjamu Curacao dalam FIFA Matchday, 24 September 2022. Media PSSI

Kemudian, pemain yang tengah menjalani masa pinjaman bersama Gillingham FC itu berduet dengan Rizky Ridho pada pertandingan kedua melawan Curacao.

Dari semua pertandingan tersebut, Elkan tampil cukup impresif, terutama ketika membantu build-up serangan dari lini pertama maupun menghadapi duel-duel udara.

Yakob Sayuri (180 menit)

Secara mengejutkan, Shin Tae-yong memberikan tugas baru kepada Yakob Sayuri di timnas Indonesia. Pemain PSM Makassar ini posisi bermain naturalnya ialah sayap kanan.

Namun, Shin Tae-yong memberikan tugas khusus kepada Yakob untuk menggantikan peran Asnawi Mangkualam yang harus menepi karena mengalami cedera.

Winger  timnas Indonesia, Yakob Sayuri (belakang) mengawal pemain Curacao, Jeremy Antonisse dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung pada 24 September 2022.
Winger timnas Indonesia, Yakob Sayuri (belakang) mengawal pemain Curacao, Jeremy Antonisse dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung pada 24 September 2022. Media PSSI

Pada laga perdana, Yakob bermain penuh selama 90 menit sebagai wingback kanan. Adapun pada laga berikutnya, ia ditarik sedikit ke belakang untuk mengisi pos bek kanan.

Untuk pertandingan kedua, Yakob juga sempat digeser menjadi bek kiri ketika Pratama Arhan ditarik keluar. Dari total dua aksinya itu, Yakob selalu tampil penuh dan mencatat 180 menit bermain di atas lapangan.

Rachmat Irianto (180 menit)

Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain serbaguna yang spesial untuk Shin Tae-yong. Hal itu terlihat ketika dia mampu menjalankan dua tugas yang berbeda pada laga melawan Curacao.

Pada laga pertama, misalnya. Pemain yang akrab disapa Rian ini diberi tanggung jawab untuk menjadi poros tengah di skema tiga bek bersama Fachruddin Aryanto dan Elkan Baggott.

Duo pemain bertahan Indonesia U-23, Pratama Arhan dan Rachmat Irianto (kanan) mengapit penyerang PS Tira Persikabo, Ahmad Nufiandani dalam uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, 5 Maret 2021.
Duo pemain bertahan Indonesia U-23, Pratama Arhan dan Rachmat Irianto (kanan) mengapit penyerang PS Tira Persikabo, Ahmad Nufiandani dalam uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, 5 Maret 2021. Media Persikabo

Memasuki menit-menit akhir, dia didorong maju ke depan untuk menjadi gelandang bertahan. Perubahan posisi ini terjadi ketika Shin Tae-yong menarik Marc Klok keluar.

Sementara pada pertandingan kedua, penggawa Persib Bandung ini bermain sejak menit awal sebagai gelandang bertahan. Dia berduet dengan Ricky Kambuaya yang dalam laga ini digantikan Marselino Ferdinan sebagai motor serangan skuad Garuda.

Dari dua pertandingan melawan Curacao itu, Rian selalu tampil penuh dan tak pernah tergantikan. Artinya, ia telah menorehkan 180 menit bermain.

Baca Juga Berita Timnas Indonesia Lainnya:

Skormeter: Rating Pemain dan MoTM Timnas Indonesia vs Curacao dari Laga Kedua

Hasil Timnas Indonesia vs Curacao: Ada Satu Kartu Merah, Pasukan Garuda Menang Lagi

Prediksi dan Link Live Streaming Timnas Futsal Indonesia vs Iran di Piala Asia Futsal 2022

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Timnas Indonesia

    Selasa, 27 September 2022

    Hasil Timnas Indonesia vs Curacao: Ada Satu Kartu Merah, Pasukan Garuda Menang Lagi

    Berikut ini hasil dan jalannya laga kedua timnas Indonesia vs Curacao pada FIFA Martchday periode September 2022, Selasa (27/9/2022) malam.

    Timnas Indonesia

    Selasa, 27 September 2022

    Skormeter: Rating Pemain dan MoTM Timnas Indonesia vs Curacao dari Laga Kedua

    Berikut ini Skormeter untuk rating pemain dan man of the match laga kedua timnas Indonesia vs Curacao yang digelar Selasa (27/9/2022) malam.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 28 September 2022

    Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Bermain dengan Satu Hati

    Timnas Indonesia berhasil mencatatkan kemenangan sempurna di dua laga FIFA Matchday melawan Curacao.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 28 September 2022

    Kapten Timnas Indonesia Ungkap Instruksi Penting Shin Tae-yong untuk Kalahkan Curacao

    Kapten timnas Indonesia, Rachmat Irianto, mengungkapkan instruksi yang diberikan Shin Tae-yong saat menumbangkan Curacao pada pertandingan kedua di ajang FIFA Matchday.

    Terbaru

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Kilas Balik Piala AFF 2007: Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal untuk Pertama Kalinya

    Timnas Indonesia secara mengejutkan menemui hasil yang jauh dari harapan pada keikut sertaannya di Piala AFF 2007.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Piala AFF 2022: Profil Timnas Malaysia

    Timnas Malaysia ingin mengubur mimpi buruk dengan melaju jauh pada Piala AFF 2022.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Kilas Balik Piala Tiger 2004: Langkah Timnas Indonesia Diwarnai Protes Persija dan PSM

    Langkah timnas Indonesia menuju Piala Tiger 2004 diwarnai dengan protes dari Persija Jakarta dan PSM Makassar.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Piala AFF 2022: Jadwal, Hasil, Klasemen dan Profil Tim Peserta

    Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen Piala AFF 2022 yang terus diperbaharui seiring berjalannya turnamen, plus profil tim-tim pesertanya.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Kilas Balik Piala Tiger 2002: Timnas Indonesia dan Vietnam, Tim Paling Subur Tanpa Mental Juara

    Bambang Pamungkas yang menjadi andalan timnas Indonesia menjadi top skor Piala Tiger 2002 dengan torehan delapan gol.

    Timnas Indonesia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Sandy Walsh Balik ke Belgia, Gabung Lagi ke Timnas Indonesia usai Natal

    Sandy Walsh pulang dulu ke Belgia setelah sempat mengikuti TC timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 7 Desember 2022

    Piala AFF 2022: Profil Timnas Singapura

    Pelatih timnas Singapura, Takayuki Nishigaya, bakal bekerja keras untuk mencapai hasil lebih baik di Piala AFF 2022.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 7 Desember 2022

    Calon Lawan Indonesia di Piala AFF 2022 Punya Winger Potensial Kelahiran Jerman

    Calon lawan Indonesia di Piala AFF 2022 yaitu Filipina, punya satu winger potensial yang lahir di Jerman.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 7 Desember 2022

    PSSI Tunjuk Dua Manajer untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

    PSSI resmi mendaftarkan Endri Erawan dan Sumardji untuk menjadi manajer timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2022.

    Timnas Indonesia

    Rabu, 7 Desember 2022

    Skor 10: Pertemuan Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam, Garuda Kalah Dua Kali

    Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam bersua dalam 10 laga dan skuad Garuda dua kali merasakan kekalahan

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X